Langsung ke konten utama

Review Artikel UNS

Review Artikel UNS
(K7119198)  Nisa Bastrian Penulis Mahasiswa program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Surakarta Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan

A. Latar Belakang 
Sebagai calon mahasiswa yang akan memilih salah satu program studi Universitas sebelas maret  ada beberapa hal yang perlu diketahui, terutama beberapa program studi yang letaknya berada di luar kampus pusat. Contohnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas maret memiliki 2 program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang keduanya tidak berada di kampus pusat yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kebumen dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Surakarta. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kebumen sendiri terletak di Kampus VI,  Jln. Kepodang No.67A, Panjer, Kec. Kebumen, Kab. Kebumen, Jawa Tengah 54312. Sedangkan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Surakarta meskipun berada di kota Surakarta namun letaknya cukup jauh dari kampus pusat. Dari kampus pusat butuh waktu 20 hingga 30 menit untuk sampai ke Kampus IV , Jln. Slamet Riyadi No. 449, Pajang, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57146. Sebelum anda mulai sibuk packing dan menyiapkan barang apa saja yang harus anda bawa, atau mencari kos di kota rantau, anda harus tau lokasi kampus tempat anda akan melangsungkan perkuliahan. Melalui artikel yang di kutip dari website https://fkip.uns.ac.id  diharapkan anda dapat mengetahui lokasi kampus Pendidikan Guru Sekolah Dasar Surakarta. 

B. Tujuan Artikel Ilmiah
Tujuan dibuatnya artikel tersebut adalah agar pembaca mengetahui lokasi kampus Pendidikan Guru Sekolah Dasar Surakarta. Sehingga bagi calon mahasiswa yang berasal dari luar kota dapat mempersiapkan barang apa saja yang perlu di bawa sebelum meninggalkan kampung halaman, dapat mecari kos yang dekat dan sesuai dengan lokasi kampus, serta dapat mengetahui lingkungan sekitar kampus yang menunjang aktivitas perkuliahan. Dengan membuka website resmi https://fkip.uns.ac.id anda dapat mengetahui informasi yang diperlukan bagi calon mahasiswa, khususnya lokasi tiap-tiap prodi maupun program studi.  Sebagian besar mahasiswa PGSD UNS terlambat mengetahui hal ini dan mengalami penyesalan yang teramat dalam. 

C. Pembahasan
Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Surakarta terletak di kampus IV bersama dengan prodi Pendidikan Guru PAUD dan Pendidikan Profesi Guru (PPG). Jika ingin mengarahkan orang ke alamat ini, harus diberi embel-embel ‘timur Solo Square Mall, depan RS Panti Waluyo, persis di belakang pangkalan bis antar kota Solo-Semarang/ Solo-Jogja. 
Kampus IV letaknya dekat dengan Kampus Fakultas Keolahragaan UNS yang terletak di  Manahan dan Kampus V JPTK UNS yang terletak di Pabelan. Butuh waktu sekitar 8 hingga 10 menit untuk sampai Kampus Fakultas Keolahragaan UNS (2,8 KM) dan butuh waktu 4 hingga 5 menit untuk sampai Kampus V JPTK UNS (1,9 KM). Kunjungi https://fkip.uns.ac.id untuk info lebih lanjut.

Sebenarnya lokasi Kampus IV sangat strategis karena dikelilingi berbagai fasilitas publik, yakni Solo Square Mall, Rumah Sakit Panti Waluyo dan pangkalan bis antar-kota. Selain itu, Kampus IV juga dekat dengan stasiun. Cukup berjalan kaki 10 menit dari Stasiun Purwosari ke arah Barat, maka sampailah di Kampus IV. Sayangnya, gedung Kampus IV sulit dikenali karena bangunannya yang lebih mirip kantor dinas tua daripada gedung kampus universitas terkemuka.

Selain itu, gedung Kampus IV sulit ditemukan karena terhalang pangkalan bis antar-kota. Bagai makan buah simalakama, pangkalan bis ini di satu sisi memudahkan mahasiswa yang hilir mudik keluar kota, tetapi di sisi lain menghalangi gerbang depan kampus. Kuliah di PGSD UNS berasa jadi agen rahasia, dengan kampus tersembunyi sebagai basecamp yang sulit ditemukan. Segala informasi kampus dapat anda lihat di https://fkip.uns.ac.id
 
D. Kesimpulan 
Dari artikel tersebut kita tahu bahwa kampus Pendidikan Guru Sekolah Dasar Surakarta tidak bertempat di Kampus I UNS (Kentingan) akan tetapi berada di Kampus IV,  Jln. Slamet Riyadi No. 449, Pajang, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57146. Kampus ini cukup strategis karena dekat dengan rumah sakit, stasiun, pangkalan bis antarkota, dan pusat perbelanjaan.

Komentar